TAMAN BACAAN MASYARAKAT “SUMBER ILMU”
KECAMATAN MUARA BATANGTORU
KABUPATEN TAPANULI SELATAN
Nomor : 01/TBM-SUMBER ILMU/V/2013
Lampiran : 1 Bandel Proposal
Prihal : Permohonan Bantuan Dana
Pada Pembentukan Taman Bacaan Masyarakat
“SUMBER ILMU” Kecamatan Muara Batangtoru
Kepada yang terhormat :
Bapak Pimpinan PT. Agincourt Resources
Di
T e m p a t
Dengan hormat,
Dalam rangka mencerdaskan kehidupan Masyarakat, dan sebagai bukti dukungan terhadap program pemerintah khususnya dalam bidang pendidikan. Kami Masyarakat Kecamatan Muara Batangtoru bermaksud membentuk sebuah Taman bacaan masyarakat. Kegiatan ini butuh saran serta dukungan moril dan materil dari semua lapisan masyarakat, maka kami sangat membuka peluang amal dan kerjasama bapak/Ibu/Saudara (i) untuk men-dermakan sebagian harta-nya dalam mewujudkan Taman Bacaan Masyarakat tersebut.
Demikian, surat ini Kami sampaikan, atas bantuan dan partisipasinya kami ucapkan terimakasih.
Muara Batangtoru, Mei 2013
HORMAT KAMI
PENGURUS TAMAN BACAAN “SUMBER ILMU”
KECAMATAN MUARA BATANGTORU
Ketua Sekretaris Bendahara
PARMOHONAN M A R D I A S A R K I A
Diketahui Oleh, Diketahui Oleh,
Camat Muara Batangtoru Lurah Hutaraja
ARMAN PASARIBU, S.Sos ABU AKHIR
PENATA TK. I NIP. 19600906 198201 1 004
NIP. 1970085 199308 1 001
TAMAN BACAAN MASYARAKAT “SUMBER ILMU”
KECAMATAN MUARA BATANGTORU
KABUPATEN TAPANULI
SELATAN
PROPOSAL TAMAN BACAAN MASYARAKAT
“SUMBER ILMU”
KECAMATAN MUARA BATANGTORU
I. PENDAHULUAN
Pendidikan yang tepat dan berhasil guna adalah
pendidikan yang melibatkan anak didik dalam proses berpikir, mencari,
menemukan, mengolah dan menyimpulkan sendiri melalui sumber belajar. Mendidik
pada hakikatnya adalah kegiatan menimbulkan motivasi dan penyediaan
sumber-sumber belajar. salah satu sumber belajar yang telah mendapatkan
pengakuan sebagai wahana yang tepat dan hasilguna adalah perpustakaan.
Layaknya perpustakaan, taman bacaan masyarakat
menyediakan bahan pustaka yang sangat berguna bagi pelaksanaan dan peningkatan
proses belajar mengajar juga mengembangkan nilai-nilai dan sifat demokratis,
ekonomis, kritis, kooperatif, kreatif dan disiplin pribadi, nilai-nilai dan
sikap yang dipandang terpuji dalam pergaulan masyarakat.
II. DASAR PEMBINAAN TAMAN
BACAAN MASYARAKAT “SUMBER ILMU”
A. LANDASAN KONSEPSIONAL
1.
Hakikat
o
Taman bacaan masyarakat “SUMBER
ILMU” merupakan usaha pendidikan
Secara aktif dan positif taman bacaan masyarakat ini
menyelenggarakan pendidikan yaitu membangkitkan kegemaran dan minat baca;
membangkitkan minat terhadap hal-hal baru melalui buku-buku referensi, indeks,
bibliografi dan lain-lainnya. selanjutnya taman bacaan masyarakat mendidik
kerapian, ketertiban disiplin dan tanggung jawab dalam menggunakan pasilitas
yang tersedia.
o
Taman bacaan masyarakat “SUMBER
ILMU” sebagai usaha penyediaan jasa
o
Taman bacaan masyarakat
mengadakan, mengolah dan menyiapkan sampai siap pakai dan mengedarkan serta
menyimpan dan memelihara bahan pustaka dan mengupayakan kegiatan membaca,
berdiskusi, konsultasi, dan lain-lainnya.
o
Taman bacaan masyarakat “SUMBER
ILMU” merupakan usaha menyediakan sumber-sumber informasi.
o
Taman bacaan masyarakat “SUMBER
ILMU” menyediakan media informasi dalam bentuk karya tulis, cetak dan terekam,
seperti naskah, buku, terbitan berkala, surat kabar, brosur, folder, foto, film
dan barang sejenis lainnya.
o
Taman bacaan masyarakat “SUMBER
ILMU” merupakan tempat membaca untuk belajar.
o
Para pembaca, baik
perseorangan maupun kelompok dapat membaca untuk belajar, untuk konsultasi,
penelitian dan kegiatan sejenis lainnya.
2.
Fungsi
Taman bacaan masyarakat “SUMBER
ILMU” diusahakan dapat menjadi sebagai perlengkapan pendidikan yang merupakan
bagian terpadu dalam system kurikulum pendidikan yang mempunyai fungsi untuk :
o
Menyerap dan menghimpun
informasi guna kegiatan belajar dan mengajar
o
Memujudkan suatu wadah
pengetahuan dengan administrasi dan organisasi yang sesuai sehingga memudahkan
penggunaannya
o
Menyediakan
sumber-sumber rujukan yang tepat guna unuk kegiatan konsultasi bagi pembaca
o
Menyediakan bahan-bahan
yang bermanfaat bagi kegiatan rekreatif yang berkaitan dengan bidang budaya dan
dapat meningkatkan selera, mengembangkan daya kreatif
o
Melaksanakan layanan
taman bacaan masyarakat yang sederhana, mudah dan menarik sehingga pembaca
tertarik dan dapat terbiasa dalam menggunakan fasilitas taman bacaan
masyarakat.
B TUJUAN DAN SASARAN
1.
Tujuan
Taman bacaan masyarakat “SUMBER ILMU” diselenggarakan dengan
harapan dapat menjadi sebagai salah satu perangkat kelengkapan pendidikan untuk
bersama dengan kelengkapan-kelengkapan yang lain guna meningkatkan kecerdasan,
keterampilan, daya nalar dan pemikiran mahasiswa yang dilandasi keimanan dan
ketakwaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa sehingga dapat mempertinggi budi pekerti
dan mempertebal semangat belajar agar menumbuhkan manusia-manusia mujahid,
mujtahid dan mujaddid yang dapat membangun dirinya sendiri serta bersama-sama
bertanggung jawab atas pembangunan umat.
Secara khusus taman bacaan masyarakat “SUMBER
ILMU” diselenggarakan untuk :
o
Mengembangkan minat,
kemampuan dan kebiasaan membaca khususnya serta mendayagunakan budaya tulisan
dalam segala sector kehidupan
o
Mengembangkan kemampuan
mencari dan mengolah serta memanfaatkan informasi
o
Memelihara dan
memanfaatkan bahan pustaka secara tepat dan berhasilguna
o
Meletakan dasar-dasar ke
arah belajar mandiri
o
Memupuk minat dan bakat
masyarakat
o
Menumbuhkan apresiasi
terhadap pengalaman imajinatif
o
Mengembangkan kemampuan
untuk memecahkan masalah-masalah yang dihadapi dalam kehidupan atas tanggung
jawab dan usaha sendiri.
2.
Sasaran
o
Terwujudnya taman bacaan
masyarakat yang berdayaguna dan berhasilguna di masyarakat. Suatu taman bacaan
masyarakat yang dapat menjadi pusat kegiatan belajar dan mengajar. Di samping
itu diharapkan dapat membantu pengembangan bakat dan minat Masyarakat serta
dapat menyediakan bahan pustaka dalam jumlah dan mutu yang memadai.
o
Terbinanya semangat
belajar, gemar membaca, biasa membaca, terampil, merasa perlu selalu membaca
dam meningkatkan gairah belajar dan mampu belajar secara mandiri, sehingga tercapai
cita-cita pendidikan seumur hidup.
III. LAYANAN TAMAN BACAAN MASYARAKAT SUMBER
ILMU
Layanan taman bacaan masyarakat “SUMBER ILMU”
bertujuan untuk menyajikan bahan pustaka dan informasi guna kepentingan belajar
dan rekreasi masyarakat. juga mengadakan kegiatan yang bersifat kajian dan
penalaran keilmuan.
Taman bacaan masyarakat “SUMBER ILMU” memiliki dua jenis layanan
yaitu:
1. Layanan kepada
masyarakat umum
Layanan kepada masyarakat umum meliputi kegiatan
sebagai berikut :
o
Taman bacaan masyarakat
menyediakan bahan pustaka yang memperkaya dan memperluas cakrawala keilmuan
umumnya dan keislaman pada khususnya
o
Taman bacaan masyarakat
mengadakan aktivitas guna meningkatkan minat baca sekaligus memupuk pemikiran
dan penalaran yang kritis mahasiswa dengan mengadakan kajian ilmiah seperti;
diskusi, seminar, bedah buku, lokakarya dan sebagainya.
o
Mengisi waktu luang.
Jika masyarakat memiliki waktu luang dapat mengisi kegiatan di taman bacaan
masyarakat.
2. Layanan kepada
Pengajar, Guru /Ustadz
Layanan kepada Pengajar, Guru /Ustadz meliputi
kegiatan sebagai berikut :
o
Meningkatkan pengetahuan
Pengajar, Guru /Ustadz mengenai subjek yang menjadi bidangnya
o
Perkembangan ilmu
pengetahuan yang terjadi sangat cepat menyebabkan setiap Pengajar, Guru /Ustadz
harus selalu belajar terus. Dalam upaya ini taman bacaan masyarakat menyediakan
bahan informasi dan bahan pustaka tentang ke-Islaman khususnya.
o
Menyediakan bahan
pustaka yang diperlukan Pengajar, Guru /Ustadz. Dalam mengajar topic tertentu
Pengajar, Guru /Ustadz memerlukan bahan-bahan (buku, artikel, bahan audio
visual dan sebagainya) untuk digunakan mendalami topic tersebut.
3. Layanan kepada Siswa
dan Pelajar
Layanan kepada Siswa dan Pelajar meliputi
kegiatan sebagai berikut :
o
Taman bacaan masyarakat
menyediakan bahan pustaka yang memperkaya dan memperluas cakrawala keilmuan
umumnya dan keislaman pada khususnya
o
Taman bacaan masyarakat
mengadakan aktivitas guna meningkatkan minat baca sekaligus memupuk pemikiran
dan penalaran yang kritis Siswa dan Pelajar dengan mengadakan kajian ilmiah
seperti; diskusi, seminar, bedah buku, lokakarya dan sebagainya
IV. STRUKTUR TAMAN BACAAN MASYARAKAT SUMBER
ILMU
Penanggungjawab & Pembimbing : 1. Camat Muara Batangtoru
2.
KUPT. Dinas Pendidikan
Kecamatan Muara Batangtoru
3. Pengurus
Karang Taruna
Kecamatan Muara Batangtoru
4. Lurah Hutaraja
Ketua : PARMOHONAN
Sekretaris :
MARDIA
Bendahara : SARKIA
V. ANGGARAN KEBUTUHAN
A. Rencana Pembangunan 1 Unit Bangunan Taman
Bacaan “SUMBER ILMU”
1
|
BATU KALI
|
2
|
TRUK
|
700,000
|
1,400,000
|
||||||
2
|
BATU BAKAR
|
7000
|
BIJI
|
700
|
4,900,000
|
||||||
3
|
SERTU
|
3
|
M3
|
200,000
|
600,000
|
||||||
4
|
PASIR
|
20
|
M3
|
70,000
|
1,400,000
|
||||||
5
|
SEMEN
|
80
|
ZAK
|
70,000
|
5,600,000
|
||||||
6
|
KAYU 3 x 4 x 3
|
1.5
|
M3
|
4,000,000
|
6,000,000
|
||||||
7
|
KAYU 4 x 6 x 3
|
1.5
|
M3
|
4,000,000
|
6,000,000
|
||||||
8
|
KAYU 5 x 7 x 3
|
1.5
|
M3
|
4,000,000
|
6,000,000
|
||||||
9
|
KAYU 6 x 12 x 4
|
1
|
M3
|
4,000,000
|
4,000,000
|
||||||
10
|
PAPAN COR
|
1
|
M3
|
3,000,000
|
3,000,000
|
||||||
11
|
PAKU 2 INCI
|
2
|
KG
|
25,000
|
50,000
|
||||||
12
|
PAKU 3 INCI
|
2
|
KG
|
25,000
|
50,000
|
||||||
13
|
PAKU 4 INCI
|
2
|
KG
|
25,000
|
50,000
|
||||||
14
|
PAKU SENG
|
2
|
KOTAK
|
45,000
|
90,000
|
||||||
15
|
RABUNG SENG
|
3
|
LEMBAR
|
50,000
|
150,000
|
||||||
16
|
KAWAT RAMBANG
|
2
|
GULUNG
|
750,000
|
1,500,000
|
||||||
17
|
METERANG LISTRIK
|
1
|
UNIT
|
5,000,000
|
5,000,000
|
||||||
18
|
CAT 5 KG
|
3
|
KALENG
|
50,000
|
150,000
|
||||||
19
|
CAT PLANG 5 KG
|
2
|
KALENG
|
40,000
|
80,000
|
||||||
20
|
LES PLANG 2 X 18 X 4
|
8
|
LEMBAR
|
60,000
|
480,000
|
||||||
21
|
UPAH TUKANG
|
3
|
ORANG
|
3,500,000
|
10,500,000
|
||||||
22
|
OPERASIONAL
|
3
|
ORANG
|
2,000,000
|
6,000,000
|
||||||
23
|
SENG
|
3
|
KODI
|
900,000
|
2,700,000
|
||||||
JUMLAH
|
Rp. 65,700,000
|
||||||||||
B.
Koleksi Taman bacaan masyarakat “SUMBER
ILMU”
1. 100 Al-Quran dan Iqro @ Rp 50.000 Rp
5.000.000,00
2. 100 Buku AGAMA @ Rp 100.000 Rp 10.000.000,00
3. 100 Buku SOSIAL @ Rp 50.000 Rp
5.000.000,00
4. 100 Buku Cerita/Novel
Edukatif @ Rp 30.000 Rp
3.000.000,00
5. 200 Lembar Buku
Sains/Eksak @ Rp. 50.000 Rp.10.000.000,00
6. 100 Buku Lainnya @
Rp 50.000 Rp 5.000.000,00
7.
Majalah & Surat Kabar (1 Tahun langganan) Rp
2.000.000,00
Jumlah total Rp
40.000.000,00
C.
Ruang, Parabot dan Perlengkapan “SUMBER
ILMU”
1. Renovasi Ruang Taman
bacaan masyarakat 1 Ruang Rp.
10.000.000,00
2. Meja
Sirkulasi/Layanan 1 Set Rp. 1.000.000,00
3. Rak Buku 5 Set Rp.
2.500.000,00
4. Rak Surat Kabar 1 Set
Rp.
300.000,00
5. Meja dan Kursi Baca 2
Pasang Rp.
2.000.000,00
6. Papan Pengumuman 1
Buah Rp.
200.000,00
7. Program Pengembangan Rp.
5.000.000,00
8. Komputer/Laptop 1 set
Rp.
5.000.000,00
9. Printer 1 Unit Rp. 1.500.000,00
9.
Karpet Rp
1.000.000,00
Jumlah total Rp
28.500.000,00
Jadi Jumlah Anggaran
Biaya yang dibutuhkan Rp. 134.200.000,00
Terbilang : Seratus
Tiga Puluh Empat Juta Dua Ratus Ribu Rupiah.-
VI. GAMBAR LOKASI TANAH
RENCANA
PEMBANGUNAN TAMAN BACAAN “SUMBER ILMU”
-
Terlampir !
VII. KEGIATAN TAMAN BACAAN MASYARAKAT SUMBER ILMU
1. Play Group
2. Kursus dan Pelatihan
3. Bazar Buku
4. Bedah Buku
5. Seminar / Loka Karya
6. Lomba Karya Ilmiah
7. Pembelajaran Hurup
Al-Fabeth dan Al-Quran
8. Dll.
VIII. PENGADAAN KOLEKSI
Pengadaan koleksi mencangkup kegiatan berikut :
a. Masyarakat dianjurkan
memberikan bantuan uang atau buku
b. Mengajukan proposal
bantuan kepada intansi atau lembaga pendidikan, juga penerbit dan toko-toko
buku
c. Membuka bantuan
sumbangan buku dan lain-lain dari semua pihak.
IX. SUMBER PEMBIAYAAN
Pembiayaan taman bacaan masyarakat ini diperoleh
dari :
- Iuran Pengurus Taman
bacaan masyarakat “SUMBER ILMU”
- Unit Usaha Taman
bacaan masyarakat
- Bantuan yang halal sah
dan tidak mengikat lainnya
X. PENUTUP
Demikian proposal ini kami buat sebagai gambaran
umum kegiatan yang akan kami laksanakan. Kegiatan ini akan terlaksana dengan
baik dengan dukungan dan peran serta semua pihak. Oleh sebab itu partisipasi
serta bantuan Bapak/Ibu/Saudara (i), baik berupa moril atau materilnya sangat
berperan dalam kegiatan ini.
Muara
Batangtoru, Mei 2013
HORMAT KAMI
PENGURUS TAMAN BACAAN “SUMBER ILMU”
KECAMATAN MUARA BATANGTORU
Ketua Sekretaris Bendahara
PARMOHONAN M A R D I A S A R K I A
Diketahui Oleh, Diketahui Oleh,
Camat Muara Batangtoru Lurah Hutaraja
ARMAN
PASARIBU, S.Sos ABU AKHIR
PENATA
TK. I NIP.
19600906
198201 1 004
NIP.
1970085 199308 1 001
TAMAN BACAAN MASYARAKAT “SUMBER ILMU”
KECAMATAN MUARA BATANGTORU
KABUPATEN TAPANULI SELATAN
BERITA ACARA
RAPAT MUSYAWARAH PEMBENTUKAN TAMAN BACAAN MASYARAKAT
“SUMBER ILMU”
KECAMATAN MUARA BATANGTORU
Pada hari ini Senin tanggal Delapan bulan April Tahun Dua Ribu Tiga Belas, Masyarakat Kecamatan Muara Batangtoru mengadakan Rapat Musyawarah Pembentukan Taman Bacaan Masyarakat bertempat di SD Negeri 101540 Hutaraja, pukul 14:00 Wib dan berakhir pukul 16:00 Wib.
Adapun hasil musyawarah tersebut:
1. Membentuk dan menetapkan berdirinya Taman Bacaan Masyarakat Kecamatan Muara Batangtoru, Kabupaten Tapanuli Selatan.
2. Nama Taman Bacaan Masyarakat adalah Taman Bacaan Masyarakat “SUMBER ILMU”
3. Menetapkan Susunan Kepengurusan Taman Bacaan Masyarakat “SUMBER ILMU” adalah sebagai berikut:
Ketua : PARMOHONAN
Sekretaris : MARDIA
Bendahara : SARKIA
Demikian Berita Acara ini dibuat dengan sebenarnya untuk dapat dipergunakan seperlunya.
Muara Batangtoru, 10 April 2013
HORMAT KAMI
PENGURUS TAMAN BACAAN “SUMBER ILMU”
KECAMATAN MUARA BATANGTORU
Ketua Sekretaris Bendahara
PARMOHONAN M A R D I A S A R K I A
Diketahui Oleh, Diketahui Oleh,
Camat Muara Batangtoru Lurah Hutaraja
ARMAN PASARIBU, S.Sos ABU AKHIR
PENATA TK. I NIP. 19600906 198201 1 004
NIP. 1970085 199308 1 001
DAFTAR HADIR
RAPAT MUSYAWARAH PEMBENTUKAN TAMAN BACAAN MASYARAKAT “SUMBER ILMU”
KECAMATAN MUARA BATANGTORU
NO
|
NAMA
|
UNSUR
|
ALAMAT
|
TANDA TANGAN
|
1
| ||||
2
| ||||
3
| ||||
4
| ||||
5
| ||||
6
| ||||
7
| ||||
8
| ||||
9
| ||||
10
| ||||
11
| ||||
12
| ||||
13
| ||||
14
| ||||
15
| ||||
16
| ||||
17
| ||||
18
| ||||
19
| ||||
20
| ||||
21
| ||||
22
| ||||
23
| ||||
24
| ||||
25
| ||||
26
| ||||
27
| ||||
28
| ||||
29
| ||||
30
| ||||
31
| ||||
32
| ||||
33
|
CERITA KISAH SUKSES SAYA SAAT PROSES PENGURUSAN DANA BANTUAN DARI KEMENDIKBUD PUSAT JAKARTA
ReplyDeleteAssalamualaikum sebelum'nya perkenal'kan nama saya drs manire kepala sekolah SD Nrgeri 30 Ambon NPSN 601002080 alamat jl sultan babullah kel.silale kec. Nusaniwe kota ambon prov.Maluku, mohon maaf sebelum'nya saya ingin berbagi cerita kepada jajaran kepala sekolah yang lain mengenai perjuangan pembangunan sekolah saya, alhamdulillah sekolah saya sekarang sudah sementara renovasi, pembangunan dan melengkapi isi ruang perpustakaan berkat dana bantuan dari pusat, mulah'nya saya sangat sedih melihat kondisi sekolah saya dan saya pun beberapa kali mengirim berkas proposal ke pemerintah setempat namun tidak ada sama sekali respon dari pemerintah setempat, tapi saya tidak pernah menyerah dalam menghadapi masalah ini dan setiap ibadah aku selalu memohon doa dan petunjuk, alhamdulillah suatu hari itu saya ke dinas pendidikan provensi untuk meminta perhatian kepada kepala dinas, namun kadis prov tidak ada respon juga, alhamdulillah ada salah satu krabat saya yang kebetulan dinas di depdiknas ambon maluku, krabat saya memberikan arahan untuk melapor'kan hal ini ke pusat mendiknas jakarta dan beliau pun juga memberikan nomor ponsel/hp= 082312345305 kepala biro umum bpk DR.SUTANTO S.H.,M. A. beliau menjabat di kemendiknas pusat jakarta, setelah satu minggu kemudian saya memberikan diri menghubungi beliau dan meminta bantuan dalam masalah sekolah saya dan waktu itu saya sempat curhat masalah kondisi sekolah saya dan alhamdulillah beliau ada respon memberikan arahan untuk mempersiapan proposal untuk di kirim ke pusat, alhamdulillah setelah proposal saya tiba di jakarta beliau menghubungi saya untuk menutupi segera pos pos adimistrasi pengurusan berkas'nya, setelah saya ikuti arahan beliau satu minggu kemudian saya mendapat tlp dari beliau dan beliau menyampai'kan bahwa dana'nya sudah masuk ke rekening sekolah, waktu itu saya langsun ke bank BPD kota ambon untuk cek rekening sekolah dan setelah saya serah'kan buku rekening tabungan kepada teller bank dan teller bank menyampaikan dana sudah masuk senilai 250.000.000,00 alhamdulillah saat itu saya tidak sadar'kan diri sujud di depan teller bank, alhamdulillah kini sekolah saya sudah sementara proses pembangunan berkat bantuan bpk DR.SUTANTO S.H.,M.A. beliau selaku kepala biro umum di kemendiknas pusat jakarta, terima kasih kepada bpk dr sutanto moga sukses selalu dan di beri umur panjang amin.
Apakah Orangnya sekarang masih aktif..?
ReplyDelete